Artikel Terakhir

Calendar

« Dec 2018 »
M S S R K J S
25 26 27 28 29 30 1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31 1 2 3 4 5

Statistik Website

mod_mod_visitcounterVisitors Online8
mod_mod_visitcounterHits278951
mod_mod_visitcounterToday0
mod_mod_visitcounterYesterday0
mod_mod_visitcounterThis week0
mod_mod_visitcounterThis month4456
mod_mod_visitcounterAll days69667

Keluarga Besar PUPR Provinsi Riau Peringati Hari Bakti PU Ke 72

Keluarga Besar PUPR Provinsi Riau Peringati Hari Bakti PU Ke 72-

Memperingati Hari Bakti PU ke 72, keluarga besar Kementerian PUPR yaitu Balai dan SNVT di Provinsi Riau mengadakan Gerakan Peduli Mitigasi Bencana dalam rangka perlindungan dan optimalisasi fungsi situ, danau, embung, waduk dan sumber air permukaan lainnya. Acara yang dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang diwakili oleh Kepala Biro Keuangan Kementerian PUPR Praptomo Widodo, dilaksanakan pada Selasa (28/11/2017) di lokasi embung, kawasan perkantoran Kota Pekanbaru.

Acara ini juga dihadiri oleh Asisten II Setda Kota Pekanbaru, Kapolsek Tenayan Raya, Camat Tenayan Raya, Lurah Tuah Negeri, Babinsa, masyarakat setempat serta akademisi yang ada di Kota Pekanbaru.

Praptomo menjelaskan, dengan melesatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia khususnya di wilayah perkotaan, berdampak pada meningkatnya volume sampah yang belum tertangani dengan baik dari hulu hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Hal ini tentunya dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan rentannya kesehatan manusia. Selain isu persampahan, terdapat isu lainnya yang harus menjadi perhatian bersama, yakni perlunya penghijauan guna meminimalisir bencana alam (banjir). Salah satu penyebab terjadinya banjir adalah penyempitan badan air, alih fungsi lahan, sedimentasi dan pendangkalan serta hilangnya sumber-sumber mata air

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah turut melaksanakan gerakan peduli mitigasi bencana dengan kegiatan penanaman pohon.  Menanam pohon merupakan salah satu upaya menyelamatkan lingkungan hidup, menjaga keragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan mata air yang baru dan juga menambah oksigen bagi kehidupan.” ujar Praptomo.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera III Asmelita, menambahkan bahwa pada acara Harbak PU yang ke 72 ini, di Provinsi Riau juga dilakukan penanaman bibit pohon sebanyak 2700 pohon yang diantaranya berjenis Matoa, Mahoni, Manggis, dan Tapung Kencana yang ditanam secara serentak tersebar di beberapa lokasi antara lain Embung kawasan perkantoran Kota Pekanbaru, Danau Bakuok Kabupaten Kampar, Desa mentulik Kabupaten Kampar, Embung Payung Sekaki Kota Pekanbaru dan Sektor IV Sungai Siak.

Pada kesempatan yang sama, Satker PSPLP Provinsi Riau juga melakukan pemungutan sampah di sekitar lokasi untuk memberikan contoh kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan sehingga dapat memberikan perlindungan dan optimalisasi fungsi situ, danau, embung, waduk dan sumber air permukaan lainnya.(fa-ap/randal-riau/ari)

Berita Terkait : Berita Terkini